2/11/2011

Hidup Itu Anugerah

   Apa yang kita lakukan pada saat kita bangun pagi dan beranjak dari tempat tidur kita? Mengucap syukur atau langsung mengeluh seperti ini : Wah sudah pagi lagi, bakalan sibuk lagi hari ini, bakalan ketemu bos yang menyebalkan lagi atau mengeluarkan keluhan-keluhan ini itu sampai kita lupa mengucapkan kata "syukur". Kita pasti pernah melakukan hal seperti itu dan saya pribadi pun pernah mengalaminya. Terlebih-lebih pada saat kita tau bahwa kita akan menghadapi saat-saat yang memberatkan dalam kehidupan kita, bagi beberapa orang mungkin akan langsung mengeluh daripada terlebih dahulu bersyukur.

   Bukankah sebagai manusia sudah sepantasnya kita mengucap syukur disaat kita bisa bangun pagi dan bisa menghirup udara yang segar di pagi hari. Tuhan masih memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa menjalani hari-hari bersama dengan orang-orang yang kita sayangi. Karena tidak semua orang diberikan kesempatan oleh Yang Maha Kuasa untuk bisa bernafas di pagi hari, banyak orang ditemukan pada pagi hari ditemukan di tempat tidur sudah tidak bernafas lagi. Tapi kita diberikan kesempatan masih bisa bernafas bukankah itu sebuah anugerah yang luar biasa yang diberikan Tuhan?

   Atau mungkin kita sudah lupa kapan kita terakhir bersyukur?  Bersyukur merupakan salah satu respon kita kepada Tuhan atas segala hal yang dia berikan kepada kita entah itu yang baik ataupun yang tidak baik sekalipun. Melalui masalah yang diberikan Tuhan kita harus bersyukur karena masalah tersebut lah yang membuat kita semakin dewasa dan kuat dalam menjalani hidup.

   Banyak  hal  yang  bisa  membuat  kita  tidak  lagi  bersyukur, baik itu melalui masalah, keluarga, teman, percintaan dan lain sebagainya yang membuat kita bersungut-sungut sehingga kita tidak pernah bersyukur. Bahkan kita mungkin pernah merasa kalau Tuhan tidak adil dalam hidup kita. Padahal,  kalau  kita  mau  merenung  sejenak,  kita  akan  menyadari  bahwa masih banyak yang bisa kita syukuri dalam kehidupan kita. Mungkin saat ini  kita  belum  mendapatkan  apapun  yang  menjadi  keinginan  kita.  Tetapi mari kita coba lihat  ke  "bawah",  masih  banyak  orang  lain  yang  lebih  menderita  dari  apa  yang  kita  alami  saat  ini. Kita ambil contohnya anak jalanan mungkin mereka kekurangan makanan dan kasih sayang tapi mereka masih bisa menikmati hidup ini, atau kita lihat orang lumpuh / cacat yang berusaha mencari nafkah untuk dirinya sendiri mereka masih bisa bersyukur sementara kita yang mempunyai anggota tubuh yang lengkap kita sudah berbuat apa?.

     Pada saat menulis tulisan ini saya semakin diingatkan untuk selalu mengucap syukur dalam segala hal. Apapun  kondisi  dan  masalah  yang  kita  hadapi,  entah  itu  baik  ataupun buruk, Tuhan   menginginkan   agar   kita   senantiasa   mengucap   syukur. Bersyukur dengan apa yang masih kita miliki saat ini. Bersyukur kalau kita masih  bisa  menikmati  hidangan  walaupun  sangat  sederhana.  Kalaupun kita  diberkati  dengan  harta  kekayaan,  tetaplah  ucapkan  syukur  kepada Tuhan oleh karena semuanya itu ada. Mengucap syukur juga jika kita belum menemukan pasangan hidup yang sesuai..Mengucap   syukur   jika   pekerjaan   yang   kita   inginkan   belum didapatkan karena semua itulah yang membuat kita semakin kreatif dalam menemukan setiap masalah kehidupan dan membuat kita semakin kuat dalam menjalani hidup

Dalam masa-masa yang menyenangkan, PUJI TUHAN
Dalam masa-masa sulit, CARI TUHAN.
Dalam masa-masa tenang, SEMBAH TUHAN.
Dalam masa-masa yang menyakitkan, PERCAYAI TUHAN.
Setiap saat, BERSYUKURLAH KEPADA TUHAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar