2/16/2011

A Happy Life - It's All You Really Want, Isn't It ?

Menurut Immanuel Kant, ada tiga rahasia kebahagiaan hidup:
“Rules for Happiness: something to do, someone to love, something to hope for.”
Something to Do – What can you do to increase your happiness?
Someone to Love – Yourself, relationships, children, family
Something to Hope for – How to create a life you love 
 
   Hidup bahagia merupakan impian setiap orang. Siapa yang ingin mempunyai hidup menderita dan penuh tekanan? Pasti semua orang ingin selalu merasakan kebahagiaan dalam hidupnya bukan? Berbagai macam tips yang dibuat oleh para pakar bagaimana cara membuat hidup bahagia, tapi bukankah kebahagiaan itu berasal dari dalam diri kita sendiri?  Masing-masing orang memang mempunyai persepsi yang berbeda dalam mendefenisikan kebahagiaan.

   Buat saya pribadi kebahagiaan itu adalah "saya bisa bersyukur dengan apa adanya saya saat ini" Ya, memang masih banyak hal yang ingin saya raih dalam hidup ini, masih banyak cita-cita yang belum tercapai dan masih banyak juga kekurangan yang harus diperbaiki. Tapi semua itu adalah proses, tidak ada rumah mewah yang langsung jadi dalam sehari. Semua butuh proses, perlu membangun pondasi dulu, kemudian mendirikan tiang, dinding dan atapnya. Demikian juga halnya dalam hidup ini, semua membutuhkan proses menuju sukses dan bahagia, dan semua tergantung kepada masing-masing orang apakah dia bisa bertahan dalam proses itu atau tidak.

   Dari semua tips yang diberikan oleh para pakar, saya cukup tertarik dengn pendapat dari "Immanuel Kant" seperti yang saya kutip di atas.

Rules for Happiness:

1. Something to Do
Apa yang anda lakukan untuk membuat anda bahagia atau meningkatkan kebahagiaan anda? Berbagai macam cara yang dilakukan orang untuk membuat dirinya bahagia, dari hal yang halal bahkan sampai hal yang tidak halal sekali pun. Hal yang bisa membuat perasaan kita bahagia adalah "bersyukur dan berpikir positif". Bersyukur dan berfikir positif dalam hidup sehari-hari dapat menular ke sekeliling kita. Dengan berpikir positif dan senantiasa selalu bersyukur bukankah akan membuat wajah kita akan selalu terlihat bahagia? Ya, mungkin memang banyak masalah dalam hidup kita tapi biarlah kita bersyukur akan masalah yang kita punyai itu dan selalu berpikir positif dalam menghadapinya. Melakukan hal-hal yang kita sukai, dan menikmati setiap perjalanan hidup karena hidup adalah sebuah "PROSES"

2. Someone to Love
Tidak bisa dipungkiri,  Cinta merupakan perasaan yang selalu ada dalam pribadi manusia dan mencintai seseorang merupakan hal yang sangat indah meskipun orang yang kita cintai terkadang belum tentu mencintai kita. tapi sudah sepantasnya kita bersyukur karena kita bisa mengenal cinta karena cinta tidak mengenal akhir dan kesedihan. Cinta yang tulus adalah kita memberikan perasaan cinta kita kepada orang lain dan kita mengharapkan yang kita cintai itu selalu bahagia dan bukankah ketika melihat orang yang kita cinta itu bahagia kita bisa tersenyum melihatnya? Ya kita pasti tersenyum melihat orang yang kita cintai itu bahagia meskipun belum tentu orang yang kita cintai itu tidak cinta dengan kita tapi itulah cinta yang tulus, memberi tanpa mengharapkan imbalan. Cinta membawa kebahagiaan itulah yang membuat kita berpikir dari tahap awal dalam hidup.
"Bahagia karena cinta, sebab cinta merupakan anugerah Tuhan yang terindah"
3. Something to Hope for
Bahagia atau tidak adalah persepsi yg ada di pikiran kita sendiri. Mencari kebahagiaan hingga kemanapun, pada akhirnya pikiran kita yg menentukan apakah bahagia hadir di hati kita atau tidak. Pikiran menentukan perasaan. Pikiran adalah pelopor segala hal dan benar pepatah yang mengatakan "We are what we think"

Jadi apa yang kita lakukan untuk menciptakan kehidupan yang kita cintai? Ya, semua berawal dari pemikiran kita. Kalau dipikiran kita berkata " saya adalah orang bodoh" ya otomatis kita akan malas-malasan dalam mengerjakan sesuatu karena kita sudah beranggapan kita tidak mampu melakukan itu. Akan tetapi sebaliknya, jika kita tanamkan dalam pikiran kita bahwa kita adalah orang yang luar biasa dan selalu menanamkan nilai-nilai positif dalam pemikiran kita maka kita akan optimis bisa melakukan hal-hal yang kita kerjakan meskipun itu pekerjaan yang berat sekalipun. Disini bukan berarti kita menyombongkan diri, tapi disini kita memotivasi diri kita sendiri agar kita bisa maju.
"Tempat untuk berbahagia itu di sini. Waktu untuk berbahagia itu kini. Cara untuk berbahagia ialah dengan membuat orang lain berbahagia".- Robert G. Ingersoll-
Kehidupan adalah satu kali, jadi berbuatlah bijak untuk menjalaninya, jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari. Jangan mencari kebahagiaan itu karena kebahagiaan itu ada di dalm diri kita sendiri dan milikilah kebahagiaan itu sekarang. Gbu all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar