3/05/2014

Sepenggal Kisah Dari Dusun Bambu

Bandung selalu punya alasan untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata kuliner yang menarik buat saya, tetapi wisata alamnya tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Bandung seakan-akan tidak ada habisnya menawarkan tempat-tempat wisata alam yang menawan dan menyejukan mata. Baru-baru ini, saya mengunjungi sebuah tempat wisata yang bisa dibilang masih tergolong baru yaitu "Dusun Bambu Family Leisure Park".

Dusun Bambu terletak di Kampung Cijanggel, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Jarak dari kota Bandung kira-kira 1-1,5 jam perjalanan kalau lancar atau kira-kira 10 km dari Terminal Ledeng, Setiabudi. Akses menuju ke Dusun Bambu sendiri menurut saya sih sudah bagus, jalannya juga lebar. Akses kesana bisa dari Bandung terus masuk ke jalan Sersan Bajuri, kemudian masuk ke jalan Kolonel Masturi, atau bisa juga dari Lembang.

Hamparan Sawah Berundak-Undak Dan Villa

Sesampainya di gerbang, anda akan disambut oleh petugas dan membayar tiket masuk. Tempat parkir tidak jauh dari gerbang utama. Begitu sampai di dalam lokasi, anda akan merasakan atmosfer yang berbeda. Hamparan sawah berundak-undak dan pohon-pohon yang menjulang tinggi terasa menyejukan mata, udara juga sangat segar dan pemandangan villa/ penginapan dengan nuansa kampung Sunda.

Pepohonan Yang Menjulang Tinggi



Pepohonan Dan Pemandangan Yang Menyejukan Mata
Pepohonan Yang Menjulang Tinggi

Untuk menuju spot-spot wisata disana, pengelola menyediakan angkutan khusus bagi pengunjung, karena kontur tanah yang berbukit-bukit lumayan membuat capek. Saya pribadi memilih untuk berjalan kaki saja, karena saya benar-benar ingin menikmati setiap sudut tempat wisata ini. Dusun Bambu sendiri menawarkan banyak tempat yang harus dicoba, ada danau kecil yang bisa anda kelilingi dengan menggunakan perahu yang disediakan. Di pinggir danau berjejer rumah-rumah kecil atau saung tempat bersantai bersama teman atau keluarga anda sanmbil menyantap makanan. Pemandangannnya benar-benar menyejukan mata.

Danau Di Dusun Bambu
Deretan Rumah-Rumah Kecil /  Saung
Danau Di Dusun Bambu

Kemudian ada tempat makan yang sangat unik menurut saya yang disebut dengan Birdnest Restaurant atau Lutung Kasarung. Tempat makan ini menyerupai sangkar burung di atas pohon, dimana di dalamnya disediakan sofa dan meja tempat anda bersantai dan makan. Pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu santai anda bersama teman atau keluarga, karena suasananya sangat tenang dan hembusan angin yang sangat sejuk. Tenang saja, tempat ini sangat aman dan kuat bisa menampung sampai 10 orang.


Birdnest Restaurant / Lutung Kasarung
Birdnest Restaurant / Lutung Kasarung
Birdnest Restaurant / Lutung Kasarung
Birdnest Restaurant / Lutung Kasarung
Birdnest Restaurant / Lutung Kasarung
Birdnest Restaurant / Lutung Kasarung

Tidak lengkap rasanya kalau sebuah tempat wisata umum tidak dilengkapi dengan restaurant atau cafe. Tenang saja, di Dusun Bambu sendiri tersedia tempat makan dan cafe yang sangat enak untuk bersantai dengan view yang menggoda. Anda bebas memilih mau duduk di dalam ruangan atau di luar ruangan sambil menikmati pemandangan dan semilir angin yang berhembus. Makanannya juga cukup enak di lidah menurut saya, sehingga ketika anda sudah duduk di restaurant ini waktu terasa cepat berjalan. Di tempat ini juga tersedia food court dan super market yang menawarkan jajanan-jajanan tradisional dan hasil bumi. Disini juga tersedia cidera mata yang bisa anda beli sebagai kenang-kenangan :)

Restaurant Di Dusun Bambu
Sofa Bundar Di Restaurant Dusun Bambu
Tempat Bersantai Di Restaurant Dusun Bambu
Restaurant Di Dusun Bambu
Restaurant Di Dusun Bambu
Restaurant Di Dusun Bambu

Salah satu tempat yang sangat menarik buat saya adalah camping ground, dimana di Dusun Bambu sendiri tersedia tempat camping yang sudah dilengkapi fasilitas peralatan camping seperti tenda, api unggun, tempat barbeque, dll. Tempat ini harus dicoba, tetapi sayang pas saya kesini belum dioperasikan sehingga harus menunda niat untuk berkemah disini. Satu tenda bisa menampung 4- 6 orang, di mana di dalam tenda sendiri sudah tersedia kasur dan tempat makan. Tidak hanya untuk anak muda, camping ground ini juga sangat cocok untuk keluarga yang sudah mempunyai anak. Tempat ini sangat syahdu apalagi pada saat kabut mulai turun.

Camping Ground Di Dusun Bambu
Bagian Dalam Tenda
Camping Ground Di Dusun Bambu
Camping Ground Di Dusun Bambu

Demikian sepenggal kisah saya ketika berkunjung ke Dusun Bambu, dan saya pasti akan mengunjungi tempat ini kembali. Oh iya, satu hal yang saya suka dengan tempat ini adalah anda bisa menukarkan tiket masuk anda dengan satu bibit pohon secara gratis ketika anda pulang. Selamat merencanakan liburan :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar