10/23/2011

Bandara Terbaik di Dunia (Bagian 1)

1. San Fransisco International Airport

Bandara Internasional San Francisco adalah sebuah bandara internasional yang terletak 21 kilometer di selatan San Fransisco, California. Bandara ini merupakan salah satu pintu masuk pengunjung dari dan ke benua Asia, Australia dan Eropa. Bandara Internasional San Francisco merupakan bandara terbesar di San Fransisco Bay Area dan merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia.

2. Cape Town Airport

Bandar Udara Internasional Cape Town merupakan sebuah bandar udara di Cape Town, Afrika Selatan.  Bandara Cape Town merupakan bandara terbesar kedua di Afrika Selatan, setelah Bandar Udara International OR Tamb, ketiga terbesar di Afrika dan gerbang masuk untuki lalu lintas turis. Bamdara ini mengalami pertumbuhan cepat saat piala dunia FIFA 2010.

3. Brisbane Airport

Bandar Udara Brisbane adalah satu-satunya bandara penumpang di Brisbane dan bandara tersibuk ketiga di Australia setelah Sydney dan Melbourne. Bandar udara ini juga berfungsi sebagai bandar udara penghubung untuk Virgin Blue dan sebagai bandar udara penghubung sekunder untuk Qantas dan maskapai penerbangan biaya rendah, Jetstar. Rute Brisbane-Sydney merupakan rute tersibuk kesebelas di dunia dan ketujuh di Asia Pasifik Bandara ini memiliki terminal domestik dan internasional, terminal kargo, dan dua Runway. Bandara ini dapat diakses dari pusat kota melalui Gateway dan layanan Airtrain, yang saling berhubungan dengan sistem kereta api kota.

4. Narita Airport

Bandar Udara Internasional Narita merupakan nama bandara yang terletak di Narita, Prefektur Chiba Jepang. Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di Jepang setelah bandara Haneda. Pada tahun 2004, bandara ini menampung 31.057.252 penumpang.

5. Frankfurt Airport


Bandar Udara Internasional Frankfurt am Main (juga disebut dengan nama Bandara Rhein-Main) adalah bandara terbesar di Jerman dan sebagai Frankfurt-Flughafen merupakan bagian kota yang mandiri dari kota otonom Frankfurt am Main. Bandara Rhein-Main adalah bandara pertama dengan sistem pengurusan bagasi setengah otomatis dan merupakan hub lalu lintas udara terbesar Jerman. Bandara Frankfurt adalah salah satu bandara dunia yang menggunakan sistem pengurusan bagasi otomatis mulai pada tahun 1972.

6. Copenhagen Airport

Bandar Udara Kopenhagen adalah bandara yang terletak di Kopenhagen, Denmark.Terletak 8 km selatan Kopenhagen di Pulau Amager. Bandara ini merupakan pangkalan bagi maskapai penerbangan Scandinavian Airlines System. Pada tahun 2005, bandara ini melayani 20 juta penumpang.

7. Centrair Airport

Chubu Centrair International Airport atau Central Japan International Airport adalah sebuah bandara yang melayani daerah Nagoya di Prefektur Aichi. Bandara ini dibangun di Teluk Isedi selatan Nagoya pada sebuah pulau buatan. Dibuka pada 17 Februari 2005, bandara ini adalah pengganti bagi Bandara Nagoya. Chubu merupakan bandara lepas pantai ke-3 setelah Bandara Nagasaki dan Bandara Internasional Kansai di Osaka. Konstruksinya dimulai pada Agustus 2000 dengan dana 768 miliar yen (5,5 miliar euro, 7,3 miliar dolar AS), namun karena manajemennya efisien, maka hampir 100 miliar yen dapat dihemat.

8. Kansai International Airport

Bandar Udara Internasional Kansai adalah sebuah bandara internasional yang terletak di sebuah pulau di tengah-tengah Teluk Osaka. Bandara ini disebut juga sebagai Osaka Airport dalam bahasa Inggris, dan sebagai 関空 (Kankū) dalam bahasa Jepang. Selama tahun 2004, KIX telah melayani 102.862 pergerakan pesawat, yang 72.096 di antaranya adalah penerbangan internasional, dan 30.766 lainnya adalah penerbangan domestik. Jumlah penumpang yang bepergian melalui Kansai sebanyak 15.340.975 penumpang, yang 11.162.533 di antaranya merupakan penumpang internasional, dan 4.178.422 merupakan penumpang domestik.

9. Vancouver Airport

Bandara Internasional Vancouver adalah bandara internasional yang terletak di Vancouver, Kanada.

10. Suvarnabhumi Airport

Bandara Internasional Suvarnabhumi adalah bandara internasional yang melayani kota Bankok, Thailand, merupakan bandara baru untuk menggantikan Bnadara Internasional Don Muang. Bandara ini terletak di Racha Thewa, di distrik Bang Phli, provinsi Samut Prakan, sekitar 25 km sebelah timur Bangkok. Bandara ini mempunyai menara kontroldengan tinggi 132,2 m, menjadikannya sebagai bandara dengan menara kontrol tertinggi di dunia. Luas terminal bandara (563.000 meter persegi) juga menjadikannya sebagai bandara yang mempunyai luas terminal tunggal kedua di dunia di bawah Bandara Internasional Hong Kong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar