7/20/2011

Satu Hari Di Singkawang (Part 1)

   Singkawang, sebuah kabupaten yang terletak di propinsi Kalimantan Barat yang terkenal dengan kehidupan malam dan "amoy" nya. Bersyukur, ada kesempatan bisa menginjakkan kaki di kota Singkawang meskipun hanya satu hari saja dan belum sempat menjelajahi setiap sudut kota ini hanya beberapa tempat saja namun memberikan kesan yang begitu mendalam. Sebagian foto di bawah ini saya ambil dari google karena tidak sempat mengabadikannya di kamera saya.

   Perjalanan dari kota Pontianak menuju Singkawang kurang lebih  2 - 3 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan pemandangan begitu indah, bukit, rumah khas Melayu, Chinese dan suku Dayak, pantai dan perkebunan. Jalan raya menuju singkawang sudah lumayan bagus jadi tidak perlu khawatir. Untuk sampai kesana kita melewati beberapa kabupaten. Faktor yang menarik di kota singkawang adalah komposisi etnisnya dimana didominasi oleh keturunan China kemudian suku Melayu dan suku Dayak.

   Jika kita menuju ke kota Singkawang jalan darat  menjelang masuk ke Kabupaten Singakwang telah terlihat suasana dan “aura” Tinghoa disepanjang kiri-kanan jalan. Rumah penduduk di kiri dan kanan jalan di desa-desa dan kecamatan yang dilalui itu hampir seluruhnya warga Indonesia etnis China. Mereka seperti masyarakat di desa atau kampung kita pada umumnya, ada yang sambil ngipas-ngipas, selonjoran, mengayunkan anak, merokok, dan berbagai aktifitas di desa lainnya.

   Di kota ini mungkin terkenal dengan kota amoy. Banyak orang tua yang menjual anaknya kepada warga negara lain untuk bisa keluar dari himpitan kemiskinan. Amoy dikenal sebagai cewek cantik, pekerja keras sehingga banyak warga negara Hongkong, Taiwan, dan lain-lain hanya untuk mendapatkan jodoh. Tetapi kembali lagi kepada pemikiran masing-masing, menurut saya ini tidak hanya terjadi di kota Singkawang saja, di beberapa tempat lain di Indonesia terdapat kondisi seperti ini.

Gerbang Selamat Datang Di Kota Singkawang
Tempat Wisata Singkawang

1. Pasar Hongkong

Pasar Hongkong
Saya kurang tahu kenapa dinamakan pasar Hongkong, mungkin dikarenakan suasananya seperti di Hongkong. Pasar Hong Kong adalah sebutan orang-orang Singkawang untuk jalan Bawal dan sekitarnya di malam hari. Di pagi dan siang harinya, lokasi ini hanyalah jalan biasa tempat berlalu lalang berbagai kendaraan. Namun ketika malam tiba, akan dipadati gerobak-gerobak yang menjual berbagai jenis makanan.

2. Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Pantai pasir panjang berada sebelum kota Singkawang. Hamparan pasir dan pantainya masih bersih. Samar-samar di kejauhan membias hijau Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dipagari perairan Laut Natuna. Seperti pantai pada umumnya, tempat ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti hotel, tempat hiburan, tempat makan, tempat pemandian dan lain-lain.

3. Sinka Island Park & Sinka Zoo

Sinka Island Park
Sinka Island Park terletak sebelah selatan kota Singkawang 8 km sebelum memasuki kota Singkawang. Merupakan objek  yang menawarkan fasilitas hiburan modern dan alami, kawasan wisata tepi pantai ini menyajikan pemandangan pantai dan hiburan lainnya untuk keluarga yang ditopang dengan berbagai fasilitasnya seperti delman maupun kuda bagi pengunjung untuk disewa untuk mengelilingi taman rekreasi ini. Selain itu pengelola menyediakan kolam renang, kantin dan lainnya.

Sinka Zoo
Sinka Zoo terletak di sebelah kawasan Sinka Island Park, tepatnya sebelah selatan dengan jarak 500 meter setelah memasuki Sinka Island Park. Keunikan kebun binatang ini terletak diberbagai penjuru mengelilingi gunung dan nampak keindahan laut dari atas gunung tersebut yang menampilkan hewan-hewan langka lokal maupun luar daerah, taman rekreasi ini juga memiliki mobil pembawa wisata untuk mengelilingi gunung dan tak kala hebat nya pemandangan di atas gunung semua kota singkawang dengan jelas di lihat dari ketinggian puncak gunung bajau.

4. Pulau Simping

Pulau Simping
Pulau Simping masih berada di kawasan Sinka Island Park. Menurut data PBB pulau ini merupakan pulau terkecil di dunia. Pulau ini terdiri dari tanah campuran antara pasir dan batu, dengan beberapa pohon di atasnya. Dan memiliki pagoda kecil (Kelenteng) yang berasal dari keturunan cina yang di gunakan untuk berdoa. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah, laut, dan hijau perbukitan di sekitar. Seperti yang dapat Anda lihat dalam gambar, orang-orang dapat menggunakan jembatan yang tersedia untuk pergi ke seberang pulau ini, sehingga Anda dapat berjalan di sana dan menikmati angin laut yang lembut.

5. Kelenteng Shi Ge Da Wang 

Kelenteng Shi Ge Da Wang
Di Singkawang sangat banyak kelenteng ditemui mengingat mayoritas penduduk adalah keturunan Tionghoa. Salah satu kelenteng yang bisa cukup terkenal adalah Kelenteng Shi Ge Da Wang. Kelenteng yang terletak di atas bukit di daerah Sinnam Desa Sijangkung Kecamatan Singkawang Selatan.

6. Kopi Pangku 

Nah, kalau yang satu ini saya hanya lewat saja mengingat siang hari karena konon katanya hanya buka di malam hari (hahaha). Katanya si pelayan menghidangkan minuman sambil dipangku, tetapi tidak banyak yang bisa saya ceritakan karena tidak langsung terjun ke lapangan.

1 komentar: