2/17/2016

Catatan Dari Kota Seribu Sungai (Bagian-2) - Pasar Terapung Lok Baintan

Minggu, 7 Februari 2016

Pagi itu kami bangun jam lima subuh karena tujuan kami hari itu adalah pasar terapung Lok Baintan. Aktifitas di Pasar Lok Baintan sendiri dimulai dari selepas sholat subuh dan berakhir sekitar jam 9 pagi. Sesuai dengan namanya, lokasinya memang berada di desa Lok Baintan yang secara administratif berada di Kabupaten Banjar.

Jadi, bagi anda yang akan ke pasar ini, kalian memang harus bangun subuh karena aktifitasnya hanya ada di pagi hari. Untuk mencapai lokasi, ada beberapa alternatif yang bisa anda pilih. Kami memutuskan untuk menyewa klotok. Tempat penyewaan klotok ada di banyak lokasi. Dari Banjarmasin sendiri menghabiskan waktu sekitar setengah jam untuk mencapai pasar terapung Lok Baintan.




Di sepanjang perjalanan, anda akan menemui banyak hal unik. Anda akan menyaksikan kehidupan masayarakat di sepanjang pinggiran sungai. Seperti sungai pada umumnya di Kalimantan, maka sungai akan dijadikan sumber kehidupan. Banyak aktifitas dilakukan disini seperti mandi, mencuci, dan lain sebagainya.

Setelah kurang lebih setengah jam perjalanan akhirnya kami pun sampai di pasar terapung Lok Baintan. Suasana pasar pagi itu sukup ramai. Para pedagang di sungai ini berasal dari desa-desa sekitar pinggiran sungai maupun anak sungai.





Para pedagang didominasi oleh perempuan yang menggunakan penutup kepala. Adapun barang dangangan yang dijual didominasi oleh sayur-sayuran dan buah-buahan hasil kebun mereka sendiri. Tak jarang juga banyak ditemui pedagang yang menjajakan makanan khas Kalimantan dan berbagai kerajinan tangan. Bahkan ada juga yang menjual barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak, dan lain-lain.

Disini kita masih menemukan perdagangan dengan sistem barter, jadi tidak melulu menggunakan uang. Biasanya para pedagang yang melakukan barter, akan menjual kembali barang tersebut di desanya atau untuk dikonsumsi sendiri. Besaran dan keseimbangan dari barang yang dibarter tergantung dari kesepakatan antara kedua belah pihak.




Disini juga kami sarapan khas jajanan Kalimantan dan membeli biuah-buahan khas Kalimantan. Setelah puas berkeliling dan menikmati pasar terapung Lok Baintan, kami pun memutuskan untuk pulang dan melanjutkan ke destinasi berikutnya yaitu Loksado.

bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar