1/23/2012

Perayaan Imlek Di Pontianak

Berhubung masih suasana imlek, hal ini mengingatkan saya kejadian setahun lalu dimana saya berkesempatan melihat langsung bagaimana perayaan imlek di Pontianak. Bisa dibilang etnis Tionghoa sangat mendominasi perdagangan di Pontianak, jadi tidak heran perayaan imlek disana begitu meriah layaknya perayaan pergantian tahun baru Masehi. Selama kurang lebih sebulan kita akan melihat jalan-jalan di Pontianak dihiasi dengan ornamen-ornamen yang berhubungan dengan perayaan imlek. Misalnya saja ketika kita melewati Jalan Gajah Mada Pontianak kita seolah-olah berada di Hongkong / China karena sepanjang jalan itu banyak lampion dan ornamen-ornamen yang berhubungan dengan perayaan imlek.

Selama kurang lebih sebulan itu pula toko-toko banyak yang tutup untuk menyambut perayaan imlek, jadi jangan heran omset perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan akan turun drastis selama sebulan itu.

Ornamen Imlek Di Jalan Gajah Mada Pontianak
Malam hari sebelum perayaan imlek, suasana kota Pontianak akan dihiasi dengan bunyi-bunyi petasan, meriam dan kembang api yang sangat meriah, semeriah perayaan pergantian tahun baru Masehi.


Satu hari setelah libur / perayaan imlek maka akan diadakan pawai selama sehari penuh mengintari jalan-jalan di Pontianak. Nah disinilah kemeriahan perayaan imlek terasa. Disana akan kita temui atraksi barongsai, pawai adat, dan lain sebagainya. Uniknya pawai ini tidak hanya diikuti etnis Tionghoa saja, semua suku yang ada di Pontianak ikut merayakannya seperti suku Dayak, Madura, Batak, Jawa dan lain-lainnya. Masing-masing suku mewakili budayanya ikut melakukan pawai keliling kota Pontianak. Sungguh sebuah keanekaragaman yang sangat indah dilihat.Sepanjang jalanan dipenuhi oleh masyarakat Pontianak yang ingin menonton pawai tersebut. 

Bersama Teman Saat Perayaan Imlek Di Pontianak
Atraksi Barongsai Puluhan Meter
Atraksi Naga
Sebenarnya ada atraksi lain yang sangat saya tunggu-tunggu tetapi pada kesempatan itu saya tidak bisa melihatnya yaitu "Tatung". Atraksi ini katanya penuh dengan adegan mistis tetapi entah karena alasan apa pas kunjungan saya kesana atraksi tersebut ditiadakan.

Atraksi Ttung (sumber gambar: google.com)
Demikian pengalaman saya saat melihat langsung bagaimana meriahnya perayaan Imlek di Pontianak. Semoga senantiasa kita bisa menjungjung tinggi nilai keanekaragaman budaya di Indonesia ini dan saling menghargai satu sama lainnya. GONG XI FA CAI !!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar