1/10/2012

Fenomena Pengguna Jalan Di Ibukota








Dari gambar terlihat begitu semrawutnya jalanan di ibukota, ini menandakan bahwa tingkat disiplin penggguna jalan raya di Indonesia begitu minim. Sebenarnya di jalan raya sudah ada batas-batas mana jalur mobil, motor, busway tetapai para pengguna jalan mengabaikannya.


Bahkan jalur busway yang telah tersedia pun ikut digunakan oleh bus, motor, bahkan mobil pribadi. Kalau sudah begini pasti para penumpang busway akan merasa gondok / kesal karena otomatis busway pun tidak bebas melaju karena dihalangi oleh para pengguna jalan yang memakai jalurnya sehingga busway yang seharusnya menjadi andalan ikut terkena macet.


Bisa dibilang mayoritas pengguna jalanan ibukota adalah motor. Motor merupakan salah satu alternatif kendaraan yang bisa diandalkan saat macet karena bisa menyelip mobil-mobil di jalanan. Tetapi para pengguna motor di ibukota sering mengabaikan keamanan diri sendiri seperti tidak memakai helm di jalan raya yang padat. Kalau mengendarai motor di dalam komplek rumah tidak memakai helm mungkin tidak menjadi masalah tetapi alangkah lebih baik memperhatikan keamanan kita sendiri kalau sedang berkendara di jalan raya yang padat.


Dari gambar di atas terlihat bagaimana kurang disiplinnya pengguna jalan ibukota. Jalur yang seharusnya menjadi jalur busway  terlihat dipakai oleh para pengguna motor dan mobil pribadi bahkan dengan seenaknya ada kendaraan yang ingin berpindah jalur sehingga mengganggu pengguna jalanan.



Kalau sudah begini siapakah yang salah? Pemerintah, pengusaha / produsen mobil & sepeda motor atau pengguna jalan itu sendiri? Seringkali bangsa Indonesia suka mencari kambing hitam dari sebuah kemacetan. Semua pihak saling menyalahkan, pengguna jalan raya menyalahkan pemerintahnya dan sebaliknya. Seperti kita ketahui permintaan sepeda motor dan mobil di Indonesia dan Jakarta pada khususnya mengalami peningkatan yang tinggi, sehingga alangkah baiknya kalau didukung oleh sarana dan prasarana yang baik pula. Semua pihak baik pemerintah maupun pengguna jalan harus mematuhi tata tertib yang ada. Pemerintah harus menyediakan sarana umum yang lebih bagus dan nyaman dan pengguna mobil pribadi / motor juga harus mau menggunakan sarana umum dengan baik.

sumber : google.com

Apa yang ada dipikiran anda saat melihat gambar diatas? Hmm punya mobil bagus kok ga punya "attitude" ya?  Buang sampah ko disembarangan tempat, harusnya pelaku malu sama mobil yang ditumpangi nya, mobil bagus tapi perilaku tidak bagus juga. Bukankah kalau seperti ini dia termasuk penyumbang banjir ibukota karena membuang sampah sembarangan? Padahal kalau banjir dia sendiri yang menggerutu, tidak sadar kalau dia salah satu penyebabnya :).


Hal lain yang sangat bikin kesal adalah pengguna kendaraan roda empat suka parkir disembarangan tempat padahal sudah ada tanda larangan parkir sehingga menjadi penyumbang kemacetan. Hmmm kalau sudah begini cuman bisa geleng-geleng kepala saja.

SUDAHKAH ANDA MENJADI PENGGUNA JALAN YANG BAIK? MARI MULAI DARI DIRI SENDIRI :)

Jadilah pengguna jalan raya yang disiplin dan patuhi tata tertib yang ada....!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar